Error
  • Error loading feed data

Pelajar se-Natuna Ikuti Lomba Minat dan Budaya Baca

Asisten II Sekretariat Daerah Natuna, Izwar Asfawi (dua kanan) didampingi Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD), Hasbullah (paling kanan) meninjau pameran buku dalam acara lomba Pengembangan Minat dan Budaya Baca tahun 2014 di Sisir Basisir, Ranai. (antarakepri.com/Zam Jambak)

Natuna (Antara Kepri - Sebanyak 60 orang pelajar setingkat SD, SLTP dan SMU sederajat se-Kabupaten Natuna, mengikuti Kegiatan Pengembangan Minat dan Budaya Baca di Sisi Basisir, Ranai. Senin.

Kegiatan yang diselenggarakan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Natuna tersebut, dibuka Asisten II Sekretariat Daerah, Izwar Asfawi yang dihadiri sejumlah SKPD, FKPD dan guru pendamping peserta lomba.

Izwar Asfawi yang membacakan sambutan Bupati Natuna mengatakan, membaca merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pendidikan, baik yang bersifat formal maupun nonformal. Hal ini adalah salah satu upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama dalam peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM).


"Untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas, haruslah diawali dengan kegemaran membaca yang dimulai semenjak dini. Membaca merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pendidikan, baik yang bersifat formal maupun non formal," ungkapnya.

Selanjutnya kata Izwar Asfawi, perpustakaan daerah juga memiliki peran yang sangat strategis dalam memajukan dan meningkatkan kebiasaan membaca terhadap masyarakat Natuna, sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 dan Undang-undang 43 tahun 2009.

"Sesuai dengan Undang-undang nomor 43 tahun 2007 dan 2009, peran Perpustakaan Daerah sangat strategis dalam peningkatan SDM yang berkualitas dalam memajukan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat, khususnya Natuna," katanya.

Sementara itu, Kepala KPAD Kabupaten Natuna, Hasbullah menjelaskan, kegiatan ini bertemakan, "Jadikan Membaca Sebagai Gaya Hidup Untuk Mewujudkan SDM Berkwalitas Menuju Masyarakat Natuna Sejahtera, Merata dan Seimbang.

"Melalui kegiatan Minat dan Budaya Baca ini, yang kita harapkan untuk menjadi gaya hidup untuk mewujudkan SDM berkualitas menuju masyarakat Natuna Sejahtera, Merata dan Seimbang," jelas Hasbullah.

Adapun jenis perlombaan yang di gelar tambah Hasbullah, yaitu lomba Bercerita dan Melukis tingkat SD, lomba Mendongeng dan Cipta Baca Puisi tingkat SLTP serta lomba Resensi Buku tingkat SLTA sederajat.

Untuk terbaik pertama kategori perlombaan bercerita, akan mewakili Kabupaten Natuna pada tingkat profinsi yang akan datang. Dan kepada peserta yang juara satu, dua dan tiga, akan diberikan penghargaan berupa torpy tetap di tambah lagi dengan uang pembinaan.

"Untuk terbaik pertama, akan mewakili Natuna dalam perlombaan di tingkat provinsi, sedangkan untuk juara satu, dua dan tiga, diberikan tropy dan uang pembinaan. Kegiatan ini berlansung selama  tiga hari dari tanggal 27 hingga 30 April 2014," pungkasnya. (Antara)
Senin, 28 April 2014 19:00 WIB

 


Editor: Evy R Syamsir

Link Terkait

Situs Resmi BPAD Provinsi Kepri

Situs Resmi PNRI

Situs Resmi ANRI

Katalog Online

Screenshot 2

Berita Natuna

Search

Tamu online

We have 3 guests and no members online

Jumlah Pengunjung

192391
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
78
84
638
191122
1801
3749
192391

Your IP: 54.196.26.1
Server Time: 2018-10-21 12:25:06
Go to top